Pembangunan Stadion Di Brasil Terganjal Masalah Lagi

Pembangunan Stadion  Di Brasil Terganjal Masalah Lagi

Pembangunan Stadion Di Brasil Terganjal Masalah Lagi

Pembangunan Stadion Di Brasil Terganjal Masalah Lagi – Piala Dunia 2014 akan segera di gelar di Brasil pada bulan Juni yang akan datang. Dalam waktu yang tidak kurang dari satu bulan, persiapan gelaran Sepak bola paling bergengsi di dunia itu ternyata masih menuai hambatan. Untuk mempersiapkan pesta sepak bola dunia tersebut, Brasil yang menjadi tuan rumah mulai memperbaiki Stadion yang akan dipakai untuk menggelar pertandingan bergengsi itu. Brasil telah membangun stadion mereka agar sesuai dengan standart Piala Dunia. Akan tetapi pembangunan stadion tersebut tidak bisa berjalan dengan mulus. Beberapa kali terjadi insiden kecelakaan dalam proses pembangunan stadion tersebut. Total pekerja yang meninggal karena kecelakaan kerja mencapai delapan orang. Insiden tersebut terjadi karena keamanan dan kesehatan pekerja di Stadion telah diabaikan oleh kontraktor. Saat proses pembangunan keamanan pekerja tidak diperhatikan dengan seksama.

Setelah menelan korban tewas, untuk sementara proses pembangunan stadion sempat dihentikan karena ijin nya dicabut oleh kejaksaan. Pihak Kejaksaan kemudian memutuskan untuk memberikan syarat jika pihak penyelenggara ingin melanjutkan proses pembangunan stadion. Pihak penyelenggara harus membenahi system keamanan dan kesehatan para pekerja terlebih dahulu. Akan tetapi pihak kejaksaan menemukan kejanggalan ketika mereka melakukan sidak ke lokasi pembangunan di Stadion Arena de Sao Paulo untuk mengecek apakah pihak penyelenggara sudah mematuhi persyaratan yang telah ditentukan. Kejanggalan tersebut adalah adanya para pekerja yang sedang memasang memasang 20 ribu kursi namun mereka tidak menggunakan perlengkapan keamanan pekerja yang lengkap.

Pembangunan Stadion Di Brasil Terganjal Masalah Lagi

Hal itu membuat pihak kejaksaan kembali mengancam untuk menghentikan proses pembangunan stadion karena pihak panitia dinilai tidak mematuhi peraturan yang sudah disepakati. Selain permasalahan tersebut, persiapan Piala Dunia 2014 di Brasil juga terganjal dengan demo yang dilakukan oleh rakyat Brasil yang menentang diadakannya gelaran tersebut di Brasil. Mereka menilai pembangunan stadion dan persiapan Piala Dunia 2014 dinilai telah menghabiskan pajak yang telah mereka bayar kepada pemerintah. Pengeluaran yang cukup besar terkait dengan pesta sepak bola tersebut sebenarnya sudah memunculkan gerakan anti pemerintah setahun yang lalu. Namun saat ini ketika gelaran Piala Dunia sudah dekat, protes tersebut di mulai lagi. Perhimpunan Komite Rakyat Piala Dunia yang disebut dengan Ancop mengajukan daftar keluhan untuk ditanda tangani oleh pemerintah.

Beberapa kelompok pemrotes di Sao Paulo menghalangi beberapa tempat utama terutama jalan di dekat Stadion Arena Corinthian dimana stadion tersebut akan digunakan untuk laga pembuka Piala Dunia 2014 yang menampilkan pertandingan antara tuan rumah Brasil dengan Kroasia. Laga tersebut akan digelar tanggal 12 Juni 2014 nanti. Di Brasilia, Gerakan Pekerja Tanpa Tempat Berteduh (MTST) juga melakukan demo di kantor perusahaan bangunan dan tanah milik negara untuk menuntut pemerintah menepati janjinya untuk membantu mereka yang tidak mampu membeli rumah. Demonstrasi juga terjadi di Rio de Janeiro, Fortaleza, Porte Alegre, Belo Horizonte dan beberapa kota yang lain. Pembangunan Stadion Di Brasil Terganjal Masalah Lagi

Pembangunan Stadion Di Brasil Terganjal Masalah Lagi