Manchester United Siap Menampung Juan Mata

Manchester United Siap Menampung Juan Mata

Manchester United Siap Menampung Juan Mata

Melihat adanya hubungan yang tidak harmonis menaungi Juan Mata membuat Manchester United siap menambah tekanan. Salah satu upaya tim besutan David Moyes itu adalah membujuk Juan Mata agar pindah ke Old Trafford, dan memberikannya jaminan untuk bermain penuh di tim utama pada sisa paruh kedua di musim ini. Meski demikian kubu asuhan Jose Mourinho sepertinya lebih tertarik untuk melepas Juan Mata ke kampung halamannya atau klub raksasa Ligue 1, Paris Saint-Germain. Masa depan Mata di Stamford Bridge, seakan menjadi penuh dengan tanda tanya, sejak dirinya dan pelatih Jose Mourinho terlihat tegang, setelah memetik kemenangan 3-0 di awal Tahun Baru kemarin usai menaklukkan Southampton dan pemain berusia 25 tahun itu pun dipersilahkan pergi oleh sang pelatih.

“Kami mempersilahkannya keluar jika memang itu yang diinginkannya,” ungkap Mourinho. “Karena itu jika mereka ingin berubah pikiran atau berbicara dengan kami, saya siap menunggu. Tetapi sejujurnya saya tidak ingin melepasnya.” Dalih Mourinho ini sepertinya penuh dengan kiasan, mengingat pelatih berkebangsaan Portugal  itu sebelumnya pernah mengungkapkan kepada publik pada Agustus lalu, ketika ia menegakan masa depan Mata tetap di Stamford Bridge. Bagi kubu Manchester United rasa ketertarikan ini merupakan yang pertama kalinya bagi mereka,  dan sejumlah pertanyaan pun siap dilontarkan kepada gelandang berkebangsaan Spanyol tersebut. Perpindahan itu sekaligus menimbulkan polemik mengenai Wayne Rooney yang sempat mengungkapkan keinginannya menyebrang ke Stamford Bridge.

Bila hal tersebut ingin berkelanjutan, meski demikian, dibutuhkan tekad dan kemauan dari sang gelandang pengatur serangan untuk mewujud nyatakan keinginannya bergabung dengan Manchester United – dan bahkan sepertinya hal itu tidak akan terjadi. Jika Chelsea ingin menjualnya, maka rasa ketertarikan dari sejumlah klub baik Paris Saint-Germain dan beberapa tim lainnya – di mana salah satunya adalah Atletico Madrid – dan kemungknan membuat masa depan Mata jauh lebih besar untuk mengembangkan pilihannya, ketimbang melepaskannya ke rival bebuyutannya di Liga Premier.

Masa depan Juan Mata juga tergantung bagaimana penegasan Mourinho di dalam keinginannya untuk membangun Chelsea pada bursa transfer awal tahun ini, apalagi mereka baru saja divonis mengalami kerugian mencapai 49.4 juta pound untuk kuartal Juni 2013. Tim pemandu bakat The Blues konon telah mengajukan pencarian secara menyeluruh sejauh ini dengan mencari gelandang tengah yang tepat sejak September lalu, dan karena itu sang pelatih juga tetap mempertahankan rasa ketertarikannya kepada Freddy Guarin dari Inter Milan dan gelandang Real Madrid, Xabi Alonso, sebagaimana harapannya untuk mendatangkan beberapa pemain depan lainnya.

Keseluruhannya ini masih tergantung antara satu dan lain hal mengenai perpindahan tersebut. Skenario terbaik adalah menjual Juan Mata dengan memaksimalkan keuangan yang ada. Munculnya nama Mata di bursa transfer tentu saja menjadi perhatian menarik bagi Manchester United yang menjadikan buruan utama di Januari ini, walau posisi mereka sejauh ini masih belum menjanjikan. Pelatih David Moyes sepertinya tidak ingin memperkokoh permasalahan yang sedang melanda di lini tengah dan posisi bek kiri, namun pihak klub juga tidak sepenuhnya memberikan anggaran dalam jumlah besar atau lebih baik menunda kalau terjadi tarik ulur mengenai permintaan harga.

Dua pemain yang menjadi incaran Moyes lainnya adalah gelandang Southampton, Adam Lallana, dan Yohan Cabaye dari Newcastle United, dalam beberapa waktu lalu. Namun demikian tidak mudah untuk meluruhkan niatan tersebut, mengingat Lallana sudah bersikeras untuk tetap bertahan di Southampton, sementara Alan Pardew juga tidak akan membiarkan Cabaye pindah ke rival di kompetisi Liga Premier.