Kenangan Fans Nottingham Forest 6 Januari 1975

Kenangan Fans Nottingham Forest 6 Januari 1975

Kenangan Fans Nottingham Forest 6 Januari 1975

Pada tanggal 6 Januari 1975, mungkin hari yang patut menjadi kenangan bagi para penggemar Nottingham Forest. Pasalnya pada tanggal tersebut Nottingham Forest resmi mendapatkan pelatih berkarisma yaitu Brian Clough. Clough sendiri kerap disebut sebagai salah satu manajer Inggris terbaik yang sayangnya tidak pernah dan enggan menangani tim nasional Inggris. Clough menjadi salah satu pelatih terbaik selain Don Revie – yang saat itu merupakan rival abadi Clough – Brian Clough sendiri merupakan pelatih dengan karakter yang hebat dan juga sukses mengubah nasib Nottingham Forest ketika ia pertama kali menukangi tim berjulukan Super Reds tersebut pada tanggal 6 Januari 1975 bersama rekan dan partnernya Peter Taylor.

Sebelum melatih Nottingham Forest, Clough memulai karir manajerialnya di klub divisi bawah, Hartlepool. Setelah itu ia menyebrang ke Derby County yang ketika itu menjadi penghuni divisi dua pada tahun 1967. Clough mampu membawa Derby County yang semula menjadi klub yang tidak dianggap, menjadi salah satu tim unggulan di Inggris. Setahun setelah ia bergabung bersama  The Rams, Clough mampu membawa Derby County promosi ke Liga Inggris kasta teratas dengan menyandang status juara dan akhirnya mampu ia bawa menjadi yang terbaik di kompetisi tertinggi pada musim kompetisi 1971/72.

Namun perjalanan dirinya bersama Derby sendiri akhirnya berakhir setelah ia terlibat perselisihan dengan jajaran direksi dari The Rams yang memaksa Clough mengundurkan diri pada tahun 1973. Cloug lalu melanjutkan kariernya dengan menangani Brighton & Hove Albion pada musim 1973/74 dan pada pertengahan tahun 1974, ia memutuskan melatih Leeds United yang juga tidak bernasib baik. Dan pada awal tahun 1975, ia memutuskan mnangani Nottingham Forest. Hanya membutuhkan beberapa bulan usai mengambil alih The City Ground, Forest berhasil dibawanya promosi dari liga kasta kedua ke tempat tertinggi pada tahun 1977.

Selang setahun kemudian, Nott Forest mampu meraih sukses dengan menjadi juara di kompetisi Liga Inggris yang tentunya menahbiskan nama Brian Clough menjadi salah satu dari 5 manajer yang pernah berhasil membawa timnya menjadi juara divisi utama ketika menukangi 2 klub berbeda. Clough kala itu membawa Trevor Francis pada di musim 1978 dengan harga sekitar 1 juta poundsterling, tentu saja sangatlah mahal. Namun harga tersebut langsung dibayar oleh Francis yang berhasil membawa Nott Forest menjadi juara di kompetisi terakbar Eropa atau Piala Champions pada tahun 1979 dengan mengandaskan Malmo FF di Olympiastadion, Munchen.

Forest sendiri akhirnya menjadi juara Eropa untuk pertama kali dan mampu diulangi pada musim berikutnya. Clough berhasil membawa Forest mencapai puncak kejayaannya di Benua Biru melalui Piala Champions tersebut. Selain prestasi ini,  Clough juga mampu membawa Forest tidak terkalahkan di 42 pertandingan di divisi utama Liga Inggris yang akhirnya di hapus oleh Arsenal ketika mencatat rekor lebih baik pada musim 2003/04. Selain juara Liga Inggris dan Piala Champions, Clough berhasil membawa Forest meraih Piala Liga pada tahun 1989 dan 1990. Namun Clough tidak pernah meraih gelar Piala FA meskipun pada tahun 1991 mereka berhasil mencapai final yang akhirnya kalah 2-1 dari Tottenham Hotspur.

Clough memiliki masalah dengan alcohol. Praktis membuat kesehatannya menurun drastis. Dan pada tahun 1993, ia akhirnya memilih pensiun dari Nottingham Forest yang juga harus terdegradasi dari Liga Primer Inggris tersebut. Brian Clough sendiri akhirnya meninggal diakibatkan kanker perut pada tanggal 20 September 2004 di usianya yang ke 69 tahun. Dan Clough tetap menjadi manajer Inggris terbaik hingga saat ini.