Berita Piala Dunia Nigeria U-17 Menciptakan Sejarah

Nigeria U-17 Menciptakan Sejarah

Nigeria U-17 Menciptakan Sejarah

Berita Piala Dunia – Nigeria menjadi negara yang sukses dalam sejarah Piala Dunia U-17, setelah mengalahkan Timnas Meksiko U-17 dengan skor 3-0. Kedua tim tersebut bertemu di laga final Piala Dunia U-19 yang berlangsung pada tanggal 9 November 2013. Stadion Mohamed Bin Zayed di Abu Dhabi, menjadi saksi kemenangan The Young Eagle meraih empat trofi Piala Dunia U-17. Prestasi itu membuat mereka mengalahkan torehan Timnas Brasil U-17 yang meraih tiga trofi. Di babak pertama, Meksiko berhasil menguasai laju pertandingan di menit-menit awal. Meksiko terus melakukan serangan demi memenangkan laga dan memenuhi hasrat untuk menjadi pemenang Piala Dunia U-17.

Karena asik melakukan serangan, perwakilan dari Amerika Selatan tersebut malah kebobolan lebih dulu melalui gol bunuh diri yang dilakukan oleh Erick Aguirre di menit ke sembilan. Gol tersebut terjadi karena salah dalam mengantisipasi serang balik cepat yang diterapkan oleh Timnas Nigeria U-17. Gol bunuh diri tersebut membuat skor berubah menjadi 1-0 untuk keunggulan Nigeria. Sesudah itu, skuad asuhan pelatih Manu Garba dari Nigeria sukses membalikkan dominasi dari Meksiko. Serangan terus dilakukan untuk mencetak gol. Mereka pun sering memulai serangan melalui pinggir lapangan, dan hal itu menjadi titik kelemahan Meksiko di laga kali ini. Tapi, skor 1-0 masih tidak berubah sampai babak pertama berakhir.

Saat babak kedua berjalan, serangan demi serangan terus menggempur Alejandro Diaz dkk. Sampai akhirnya di menit yang ke 56, Nigeria unggul kembali melalui kaki Kelechi Iheanacho, setelah mengoptimalkan tendangan keras Musa Muhammed dari luar area penalti. Musa Muhammed berhasil mendatangkan petaka untuk Meksiko di babak yang kedua. Unggul dengan dua gol tidak membuat serangan yang dilancarkan oleh Nigeria kendur. Mereka semakin terlihat haus gol. Tidak hanya piawai dalam mengatur alur serangan, kapten Nigeria tersebut malah membawa timnya unggul dengan tiga gol pada menit yang ke 81.

Setelah memanfaatkan kondisi bola mati, Musa sukses memperdaya penjaga gawang Raul Gudino dengan tendangan melengkung ke arah kanan gawang Meksiko. Tidak lama kemudian, wasit Craig Thomson asal Skotlandia meniupkan peluit sebagai usainya final Piala Dunia U-17. Hasil ini menjadikan Meksiko runner-up di Piala Dunia U-17. Sedangkan Swedia sukses merebut posisi yang ketiga dari Argentina, setelah menang telak dengan skor 4-1. Nigeria juga berhasil melakukan dominasi penghargaan individu di ajang Piala Dunia U-17 2013 tersebut. Pemain penyerang asal Nigeria yaitu Kelechi Iheanacho berhasil meraih trofi Golden Ball, penjaga gawang Dele Alampasu berhasil meraih predikat Golden Glove. Nigeria juga berhasil meraih FIFA Fair Play Award di ajang tersebut. Namun untuk Golden Boot, Kelechi Iheanacho harus menerima kenyataan untuk menyerahkan trofi tersebut pada pemain penyerang Timnas Swedia U-17 yaitu Valmir Berisha. Berita Piala Dunia