Berita Bola Online Pemain Bola yang Berganti Kewarganegaraan

Ferenc Puskas

Pemain Bola yang Berganti Kewarganegaraan

Berita Bola Online – Kini, berita tentang pindah kewarganegaraan jadi topik hangat. Inggris berusaha untuk merekrut Adnan Januzaj. Sedangkan Diego Costa, berencana untuk meninggalkan Brasil untuk memakai kostum Spanyol. Ternyata berganti kewarganegaraan bukan peristiwa baru dalam sepakbola. Kurang lebih ada beberapa pemain top yang memilih untuk membela negara yang bukan merupakan tanah kelahiran mereka. Ada pula pemain yang sempat memperkuat dua serta tiga negara. Berikut ini adalah pemain tersebut.

Alfredo Di Stefano

Pemain legenda Real Madrid tersebut sempat bermain untuk membela tiga negara. Tidak hanya timnas Spanyol yang dia perkuat sejak tahun 1957, sang pemain juga sempat memperkuat Kolombia serta tanah kelahirannya yaitu Argentina. Di Stefano bermain 6 kali serta mencetak 6 gol bagi Argentina. Lalu dia membela timnas Kolombia sebanyak 4 kali, dan 31 kali membela Spanyol. Di Spanyol, dia telah mencetak 23 gol.

Sayangnya Di Stefano malah belum pernah bermain di final Piala Dunia. Argentina tidak memanggilnya pada Piala Dunia 1954, karena Di Stefano telah membela Spanyol dan Kolombia. Tahun 1956, Di Stefano jadi warga negara Spanyol lalu bermain di empat pertandingan kualifikasi pada tahun 1957. Namun sayang, La Furia Roja tidak berhasil lolos ke final Piala Dunia tahun 1958. Kemudian Di Stefano membantu Spanyol melangkah ke Piala Dunia 1962. Namun sial untuk Di Stefano karena pemain yang meraih 5 gelar Liga Champions dengan Madrid tersebut tidak bisa berpartisipasi di Piala Dunia. Dia mengalami cedera pada otot sebelum turnamen berlangsung.

Ferenc Puskas

Salah satu legenda Real Madrid ini bermain cukup tajam ketika membela tanah kelahirannya yaitu Hungaria pada tahun 1945 sampai 1956. Puskas juga membawa tanah kelahirannya tersebut menjadi juara Olimpiade 1952 serta runner-up Piala Dunia tahun 1954. Pada tahun 1961, Puskas memilih untuk berganti kewarganegaraannya menjadi Spanyol. Bersama La Furia Roja dia cuma tampil sebanyak 4 kali, dan 3 di antaranya adalah di Piala Dunia tahun 1962. Puskas tidak berhasil mencetak satu gol dan Spanyol tidak berhasil lolos dari penyisihan grup.

Tony Cascarino

Walaupun lahir di Inggris, Cascarino malah tidak pernah membela tanah kelahirannya tersebut. Dia memilih untuk menggunakan seragam Republik Irlandia. Cascarino memenuhi syarat menjadi seorang warga Irlandia karena mempunyai darah dari sang kakek. Tapi, ternyata pada tahun 1996 diketahui jika Cascarino tidak mempunyai darah Irlandia. Ibunya adalah anak adopsi, dan tidak mempunyai keturunan Irlandia. Cascarino membela tim Irlandia pada tahun 1985 sampai tahun 1999. Dia mengoleksi 88 caps dengan Irlandia dan mencetak sebanyak 19 gol.

Deco

Deco lahir di Sao Bernardo do Campo, Brasil. Pada tahun 2002, Deco memperoleh paspor Portugal sesudah 5 tahun tinggal di Portugal. Deco sempat mendapat kritikan namun dia mengabaikan kritikan yang datang. Deco mencetak 5 gol dari 75 pertandingan dengan Portugal. Deco perah tampil di Piala Eropa tahun 2008 dan Piala Dunia tahun 2006 serta tahun 2010. Berita Bola Online