Barcelona Tidak Ingin Beresiko Terhadap Iniesta

Barcelona Tidak Ingin Beresiko Terhadap Iniesta

Barcelona Tidak Ingin Beresiko Terhadap Iniesta

Walau pada pertandingan akhir pekan ini kembali diturunkan namun Gerardo Martino tidak ingin mengambil resiko lebih jauh lagi kepada Andres Iniesta. Sang pemain mampu mencapai puncak kebugarannya di akhir pekan ini, saat membantu kubu tuan rumah menaklukkan Villarreal di Nou Camp. Kehadiran Iniesta selama 90 menit tentu mengundang decak kagum dari Gerardo Martino, yang salut terhadap tekad sang pemain untuk memulihkan diri dalam kondisi yang sangat cepat, setelah sebelumnya pelatih berkebangsaan Argentina itu ingin melihat sang pemain dalam kondisi yang terbaik.

Karena mantan pelatih tim nasional Paraguay itu tidak ingin mengulangi rapor buruk terhadap faktor kebugaran pemain-pemainnya di musim ini dan salah satu ‘korban’ tidak langsung adalah Lionel Messi yang terkesan dipaksakan untuk bermain di sepanjang awal musim, kendati kondisi yang sebenarnya sama sekali tidak mendukung bagi sang pemain untuk tampil penuh dalam perjalanan di musim ini. Oleh karena itu Martino mengungkapkan bahwa pihak Catalan tidak ingin mengulangi kesalahan dan menanggung beban yang sama kepada Andres Iniesta kali ini, dan bintang internasional Spanyol itu bahkan sempat mengeluhkan adanya gangguan, sebelum memulihkan kondisinya dari cedera hamstring.

Dalam dua pertandingan terakhir Martino sengaja tidak menurunkan Iniesta ke dalam tim asuhannya, saat mereka menekuk tuan rumah Cartagena dengan skor 4-1 di pertemuan pertama ajang Copa del Rey, dan demikian juga saat berada di bangku cadangan kala rekan-rekannya menelan wakil Skotlandia, Celtic dengan keunggulan 6-1 di pertandingan pamungkas Liga Champions pada Rabu pekan ini. Namun setelah menjalani tes pemeriksaan lebih lanjut dan memperoleh kepastian dari pihak tim medis, pemain berusia 29 tahun itu akhirnya kembali unjuk kebolehan saat menghantarkan kemenangan 2-1 atas Villarreal di Nou Camp dan bahkan penampilannya semakin impresif saat berduet dengan Xavi Hernandez di paruh kedua.

“Iniesta sengaja saya tidak turunkan saat menghadapi Celtic, karena saya ingin memperoleh kepastian terlebih dulu kebugarannya hingga mencapai titik pulih dari gangguan itu dan kami tidak ingin mengambil resiko lebih jauh lagi pada tengah pekan kemarin,” ungkap Martino dalam sebuah konferensi pers selepas kemenangan itu. “Mungkin saya membutuhkan kontribusinya untuk mendulang hasil yang baik, namun sepertinya hal itu tidak mungkin dan kami tidak membutuhkannya, karena kami sudah pesta gol dengan baik. “Saya sangat senang dengan penampilannya pada pertandingan akhir pekan ini dan meski demikian antisipasi itu jauh lebih penting dari segala-galanya.

“Karena saya tidak ingin kejadian seperti Leo kembali menimpa pemain lain, sehingga membuat kesempatan untuk tampil penuh menjadi terganggu di musim kompetisi yang sudah berjalan sangat ketat seperti saat ini.” Martino juga mengungkapkan kebanggaannya terhadap Neymar, yang kembali menjawab segala tantangan yang diberikan kepadanya. Saat mencetak tiga gol di Nou Camp pada pekan lalu, pemain andalan Brasil itu hampir mengulangi aksi yang sama saat melawan Villarreal, namun sayang ia hanya mampu mencetak dua gol saja, meski hal itu sudah  cukup bagi kubu tuan rumah membawa tiga angka untuk menjauhi dua tim asal Madrid.